CONTACT US

 
 +62-21-6386-1505  amc@advancemedicorp.com Facebook Twitter RSS GooglePlus Youtube

MOBILE VIDEO-CYSTOSCOPY

 Posted by Marketing Media AMC
 14 July 2016 03:18
 Advertorial
Tidak  dapat dihindari bahwa diagnostic adalah prasyarat utama dalam menentukan sebuah tindakan yang akan dilakukan terhadap pasien.
Terkadang tindakan diagnostic akan menemukan beberapa kendala antara lain;
1.   Masalah kecepatan diagnostic, untuk segera mengambil keputusan terhadap tindakan pengobatan terhadap pasien.
2.   Kemudahan teknik  diagnostic yang dilakukan.
3.   Ruang operator yang terbatas dalam melakukan diagnostic
4.   Serta nilai investasi yang terkait durabilitas terhadap peralatan diagnostic yang akan digunakan.

Sebagai salah satu pioneer di industry Minimaly Invasive Surgery, Karl Storz adalah penyedia solusi dalam untuk permasalahan – permasalahan di dunia MIS. Mobile Video-cystos copy adalah salah satu produk dari Karl Storz yang menawarkan dan dapat memberikan teknologi gambar digital yang membantu dan mempermudah kemampuan diagnosis spesialis urologi.

Mobile-cystoscopy terdiri dari 2 komponen utama yaitu flexible video-cytoscope dan imaging processor (termasuk monitor). Flexible video-cytoscope dari  Karl Storz menggunakan teknologi videoscopedi mana bagian proksimal dari flexible scope bukan terdiri dari  fiber  optic yang rentan akan kerusakan karena putusnya serat optic sebagai transmitter cahaya dari  Light source.

INVESTASI
a.    CMOS Video Cysto-Urethroscope
Beberapa fitur dari flexible video-cystoscope adalah
• Teknologi video scope dilengkapi dengan LED yang terintegrasi pada bagian distal (ujung). Hal ini akan mempermudah operator karena akan memberikan ruang extra dimana tidak dibutuhkannya light source lagi. Selain itu, kemungkinan tidak dapat dipakainya flexible scope juga yang disebabkan rusaknya serat fiber optic sebagai transmisi atau penerus cahaya dapat dihindari.
• Flexible video-cystoscope dilengkapi dengan chip CMOS pada yang memiliki keunggulan lebih tahan terhadap distorsi cahaya sehingga mampu menghasilkan gambar yang jelas untuk objek bergerak. Hal ini bermanfaat dalam perekaman gambar saat dilakukannya dokumentasi saat tindakan menggunakan flexible-video cystoscope.
• Flexible video-cystoscope akan memperluas bidang pandang operator. Flexible video-cystoscope mampu bermanuver hingga 140° ke arah inferiordan 210° ke arah superior dari posisi relaksasi pada flexible video-cystoscope. Hal ini akan membantu operator melakukan diagnosis di sekeliling target diagnose, terutama pada daerah bladder. Deflecting mechanism dari  flexible video-cystoscope juga dilengkapi dengan positif deflecting dan contra positif deflecting mechanism yang disesuaikan dengan kenyamanan dan kebiasaan operator.
• Positif deflecting mechanism adalah pergerakan distal tip pada flexible video-cystosope yang arahnya sama dengan stir pada bagian handle flexible video-cystoscope. Apabila stir digerakkan kearah superior, maka distal tip juga akan berbelok kearah superior. Sedangkan apabila stir di gerakkan kearah inferior, maka distal tip akan berbelok kea rah  inferior pula.
• Contra-positif deflecting mechanism adalah pergerakan distal tip pada flexible video-cystosope yang arahnya berlawanan dengan stir pada bagian handle flexible video-cystoscope. Apabila stir digerakkan kearah superior, maka distal tip juga akan berbelok kearah inferior. Sebaliknya, apabila stir di gerakkan kearah inferior, maka distal tip akan berbelok kearah superior.
• Flexible video-cystoscope memiliki panjang 37 cm sehingga memungkikan operator untuk melakukan diagnostic dari  uretra hingga bladder. Selain itu, diameter dari  flexible video-cystoscope hanya 16 fr (5,3 mm). Hal ini akan meminialisir trauma pada urinary track  pasien akibat tindakan yang dilakukan.
• Flexible video cystoscpe juga dilengakapi working elemen sehingga memungkinkan untuk digunakannya instrument – instrument dan tools tertentu untuk tujuan diagnostic, misalnya biopsy forceps dan guide wire. Selain itu, working element juga dapat digunakan untuk water management yang berfungsi sebagai dilator dalam tindakan urology.



b.   Monitor dan Imaging processor
Mobile-cystoscpe memiliki dua pilihan untuk menampilkan gambar yang dihasilkan. Ahli urologi
dapat menggunakan C-Mac monitor dengan fitur  sebagai berikut:

C-MAC Monitor
Flexible video cystoscope dapat disambungkan langsung ke C-Mac monitor. Hal ini akan membuat flexible video- cystoscope unggul dalam fitur “mobile”nya. Karena ukuran C-Mac monitor yang kecil dan relative ringan sehingga dapat dipindahkan dengan mudah (portable). Selain itu, C-Mac monitor juga dilengkapi SD Card slot. SD Card  dapat digunakan sebagai media penyimpanan/ perekaman saat dilakukan tindakan menggunakan flexible video cystoscope.

Beberapa fitur dari C-Mac monitor adalah
•     7” TFT dengan wide viewing angle display dan resolusi 800 x 480 pixel.
•     DilengkapiSD memory card untuk menyimpan gambar dengan  format JPG  dan video dengan format MPEG4
•    Tombol yang dilengkapi petunjuk sehingga mudah digunakan
•    Gambar dan video dapat langsung ditampilkan di monitor
•    Menggunakanbatterey lithium-ion yang dapat di isi ulang
•    Kemudahan dalam pemindahan data danpemrosesan video karena penyimpanan dilakukan pada SD memory card yang dapat dilepas dari  monitor.
•    Disain monitor yang mudah untuk diletakkan untuk memudahkan operator
•    Dapatdisambungkanpada external monitor
•    Tahan benturan dan tahan kebocoran karena terlindung oleh bahan plastic ABS.

C-HUB
C-Hub menawarkan bentuk investasi yang ekonomis tanpa mengurangi nilai dari  manfaat dari mobile flexible video-cystoscope. C-hub dapat dikoneksikan langsung ke laptop atau ke external monitor sehingga dapat memaksimalkan fitur  portablenya. Selain itu, operator dapat langsung menyimpan video dan data lain  atas penggunaan flexible video-cystoscopenya pada PC atau Laptop langsung. Hal ini akan mempermudah operator dalam melakukan management dan processing data sesuai kebutuhan.
Diagnostik
Untuk menunjang kegiatan diagnostic yang dilakukan oleh operator, flexible video-cystoscope dilengkapi dengan beberapa instrument berupa grasping dan biopsy forceps. Berikut adalah beberapa instrument yang ikut melengkapi nilai dari  flexible video-cystoscope.



AcessorisPilihan
Untuk melengkapi flexible video-cystoscope, Karl Storz juga menawarkan beberapa accesoris tambahan yang direkomendasikan. Berikut adalah beberapa accessories tambahan untuk flexible video-cystoscope:



Sebagaimana penjelasan di atas, flexible video cystoscpedapat di hubungkan dengan C-Hub dan C-Mac monitor. Berikut adalah diagram singkat mengenai kompatibilitas flexible video-cystoscope

Kesimpulan
Flexible video-cystoscope adalah salah satu bentuk investasi yang ditawarkan oleh Karl Storz sebagai olusi untuk tindakan diagnostic yang akan dilakukan oleh para dokter Urology. Flexible video-cystoscope dari  Karl Storz memilik ibeberapa keunggulan yang akan mempermudah dan menguntungkan para dokter Urology tanpa mengurangi fungsi utama tindakan diagnostic yang akan dilakukan. (Galih  H).