CONTACT US

 
 +62-21-6386-1505  amc@advancemedicorp.com Facebook Twitter RSS GooglePlus Youtube Instagram

CMAC Video Laryngoscope dan COVID - 19

 Posted by Daryl AMC
 18 February 2021 06:20
 Advertorial - Anesthesiology & Emergency Medicine

Ada 4 golongan pasien dalam tatalaksana pasien terkonfirmasi COVID-19, dan sudah ditentukan tindakan dalam aspek isolasi, pemantauan, non farmakologis berupa edukasi pasien dan keluarga hingga ke farmakologis. Hal ini dapat dilihat pada Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia yang diterbitkan pemerintah.


Pada kelompok pasien dengan tingkat kasus berat khususnya diperlukan intervensi yang jauh lebih kompleks. Pada keaadan-keadaan khusus pasien kategori ini, diperlukan tindakan intubasi. Transmisi COVID-19 terutama melalui penyebaran droplet, berupa tetesan cairan dan yang menempel pada permukaan obyek tertentu. Sedangkan aerosol adalah bentuk tetesan cairan yang berukuran jauh lebih kecil yang dapat tetap tersuspensi di udara untuk waktu yang lebih lama.


Disini terkonfirmasi bahwa beberapa prosedur manajemen airway sangat berisiko terjadinya transmisi karena alasan berikut pasien dapat menjadi gelisah atau agresif karena hipoksia, Masker pasien harus dilepas Dokter dekat dengan jalan napas pasien, Laringoskopi dan intubasi rentan terhadap pembentukan aerosol.


Karl Storz dengan CMAC Video-laryngoscopy (VL) nya memanfaatkan teknologi kamera video untuk memvisualisasikan struktur saluran napas  dan memfasilitasi intubasi endotrakeal (ETI). Alat ini  dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai alat intubasi dalam berbagai skenario dan pengaturan klinis, ahli. Hasil visualisasi yang dihasilkan meningkatkan visualisasi glotis, termasuk jika menghadapi kesulitan intubasi. Dengan sistim visualisasi, dimana monitor diletakkan sedemikian, memberikan jarak yang jauh antara pelaksana intubasi dengan pasiennya.


CMAC  Videolaryngoscope alat yang  portabel ini menampilkan desain blade Macintosh dan Miller standar, dilengkapi dengan “chip” kamera  CMOS di ujung bladenya, yang memungkinkan  memperluas pandangan dengan sumbu optik lebar yang dapat dilihat dengan monitor. adalah CMAC Video Laryngoscope mempunyai  sudut 60o-80o yang lebih lebar dibandingkan  dengan Laryngoscope konvensional. Single Use Video Laryngoscope tujuannya untuk menghindari kontaminasi silang dari pasien yang terinfeksi ke pasien lain. Kelebihan dari CMAC-S Video Laryngoscope ini blade dan handle nya terintergrasi dan dirancang sebagai satu kesatuan dengan mempertimbangkan bahwa handle juga merupakan sumber kontaminasi.